Rematik

Rematik
Rematik artikuler
Rematik artikuler terjadi di bagian sendi atau sering disebut dengan radang sendi. Ada 3 macam rematik artikuler yaitu osteoartritis, arthritis reumathoid, dan arthritis pirai atau asam urat. Seseorang dinyatakan menderita osteoarthritis jika hasil rontgent menunjukan adanya penyempitan celah sendi secara simetris, adanya peningkatan densitas tulang subkondral, adanya kista yang berdinding tebal di subkondral, adanya osteofit di pinggir sendi, dan adanya perubahan struktur anatomi sendi. Berikut ini beberapa faktor penyebab rematik osteoarthritis.
1.penipisan rawan sendi yang bersifat progresif
2.faktor umur yang semakin lanjut
3.menopause bagi perempuan
4.keturunan
5.kegemukan
6.cedera sendi atau stress
7.tulang yang padat (dialami pelari)


Arthritis remumatoid termasuk jenis rematik yang ganas karena merusak sendi dan organ tubuh lainnya. Jenis rematik ini menyebabkan peradangan menehun yang tersebar ke seluruh tubuh (inflamasi sistemik kronik terutama di persendian). Kamu perempuan biasanya lebih sering menderita penyakit jenis ini dibandingkan dengan pria, perbandingannya 3 : 1. penyebabnya karena wanita mengalami menopause. Berikut beberapa penyebab arthritis reumatoid.
1.faktor keturunan dan lingkungan
2.pengaruh hormon seks (kekurangan hormin estrogen)
3.infeksi di bagian persendian akibat bakteri, mikoplasma atau koloni jamur dan virus.
4.stress
5.radikal bebas akan merangsang keluarnya prostaglanding yang menimbulkan nyeri, radang dan bengkak.
6.faktor umur.
b.rematik non-artikuler
rematik non-artikiuler disebut juga dengan extra articular rheumatism yang terjadi di bagian jaringan lunak di luar sendi. Jenis-jenis rematik non artikuler antara lain sebagai berikut :

1. fibrositis
Rematik jenis ini terjadi akibat peradangan di jaringan ikat, terutama batang tubuh dan anggota gerak. Sebab utamanya karena faktor kejiwaan atau psikis dan biasanya diderita oleh perempuan usia lanjut. Keluhan biasanya dirasakan pada pagi hari, kurang lebih selama 30 menit. Saat bangun tidur biasanya akan terasa segar di badan tetapipenderita penyakit ini justru sebaliknya, badannya akan terasa lelah dan sakit setelah bangun tidut.

2. tendinitis dan tenosinovitis
Rematik jenis ini terjadi karena adanya peradangan di tendon (tendinitis) dan di sarung tendon (tenosinovitis). Hal ini terjasi karena aktivitas tendon dan sarung tendon melebihi kapasitas. Contohnya mengangkak beban yang terlalu berat atau bergerak terlalu berlebihan.

3. entesopati
Rematik jenis ini merupakan peradangan yang terjadi di entesis, tempat melekatnya tendon dan ligamen di tulang. Peradangan terjadi karena aktivitas entesis yang berlebihan, degenerasi, dan radang sendi.

4. Bursitis
Rematik jenis ini merupakan peradangan yang terjadi di bagian bursa yang terletak di perlekatan tendon dan otot tulang. Gejalanya berupa pembengkakan, rasa panas, kulit memerah, dan nyeri lokal. Bursa yang seing meradang adalah bahu, siku dan lutut.

5. back Pain
Remati jenis ini erat kaitannya dengan proses degeneratif diskus intervertebralis, pertambahan usia, dan pekerjaan fisik yang berat. Gejalanya nyeri di daerah leher, di daerah tulang belakang, pinggang ke bawah, bahu dan anggota gerak.

6. Nyeri pinggang
Rematik jenis ini mengenai tulang belakang, otot, dan syaraf. Biasanya terjadi pada orang yang gemuk, pemakai sepatu berhak tinggi, atau salah gerak mendadak yang melebihi kemampuan sendi. Nyeri ini biasanya terjadi karena adanya batu ginjal atau peradangan pada panggul/

7. Frozen Shoulder Syndrome
Rematik jenis ini terjadi di bagian persendian pangkal lengan atas dan rasa nyeri bisa menjalar ke lengan depan dan bawah serta belikat. Akibatnya, pergerakan bahu tidak leluasa.
8. Tendinitis de Quervain
Rematik jenis ini terjadi pada pergelangan searah ibu jari. Penyakit ini biasanya dialami kaum wanita yang mempunyai kegiatan menjahit, menyulam, menggunting dan mengiris.

Artikle ini dicuplik dari Buku karya Ning Harmanto dengan judul Menggempur asam urat&rematik dengan Mahkotadewa, penerbit AgroMedia Pustaka

0 Responses to “Rematik”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: